SITI SAROH

Guru SMP Negeri 122 Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web
TantanganGurusianaHari Ke-91. Lebih Enak Membuat Mie Ayam Sendiri

TantanganGurusianaHari Ke-91. Lebih Enak Membuat Mie Ayam Sendiri

Setiap pagi anak saya sudah terbiasa sarapan, setelah mereka gotong royong merapihkan rumah. Kalau tidak sarapan meteka akan pasang wajah cemberut he he he

Sejak kemarin mereka mengatakan sudah kangen mie ayam buatan mamanya. Untuk membuat mie ayam yang enak, bahan yang diperlukan sebagai berikut:

Mie Ayam dada utuh Sayurannya, kami kadang menggunakan sawi, kangkung, kol atau toge, bebas sesuai selera Bawang Putih Bawang Merah Lada Kemiri Jahe Kunyit Lengkuas Daun Salam Daun Jeruk Sereh Kecap Manis Kecap Asin Garam Gula Pasir Kaldu Jamur

Cara membuatnya: Rebus dada ayam bersama bawang putih 2 butir di geprek dan satu cm jahe. Setelah ayam empuk, angkat kemudian tiriskan, lalu potong-potong daging ayam tersebut.

Haluskan Bawang merah 7 butir, Bawang putih 4 butir, lada satu sendok teh, kemiri 4 butir, kunyit 2 cm, jahe 2 cm boleh di ulek boleh diblender. Tumis bumbu halus tambahkan daun salam 3 lembar, daun jeruk 2 lembar, lengkuas di geprek dan satu ruas sereh. Jika sudah harum dan matang masukkan ayam yang telah dipotong potong dan beri air rebusan dada ayam tadi. Tambahkan kecap manis, garam, gula pasir, dan kaldu jamur. Setelah rasanya pas dan matang angkat.

Sebelum memulai merebus mie, saya selalu sedia biang bawang putih yang saya iris dan digoreng dengan 1 liter minyak sayur, setelah dingin saya masukkan ke dalam botol dan ini selalu saya gunakan untuk membuat kuah baso, mie ayam atau tambahan untuk menumis masakan. Masakkan akan tambah gurih menggunakan minyak ini.

Saya siapkan mangkuk, masuklan satu sendok makan kecap asin, satu sendok makan minyak biang bawang putih ke dalam mangkuk aduk rata. Sapkan air di panci untuk merebus mie dan air rebusan untuk menyiram mie yang telah direbus agar bahan pengawet mie luntur. Masukkan mie ke air mendidih rebus sampai matang kemudian disiram air matang tadi. Masukkan ke dalam mangkuk aduk rata, kemudian di atas mie beri ayam, tambahkan sayuran,, daun bawang, dan bawang merah. Jika ingin berkuah tambahkan dari kuah rebusan sayuran . Mie ayam siap dihidangkan. Rasanya jangan khawatir pasti lebih enak dari mie ayam manapun. Silahkan di coba. Kebetulan kami biasakan tidak memakai sambal karena masih pagi. he he he

Demikian mie ayam ala saya Siti Saroh yang mungkin jadi rekomendasi buat teman-teman sahabat semua. Selamat mencoba. Salam literasi.

#TantanganGurusiana_Hari Ke-91

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah...kayaknya enak nih. Bawang putih yang digoreng untuk membuat minyak biang itu berapa banyak Bu ?

01 Jun
Balas

Enaknya bun

01 Jun
Balas

Yummy...

01 Jun
Balas

Mantul Bu.

01 Jun
Balas



search

New Post